Tim Indonesia meluncurkan jersey atlet SEA Games Thailand 2025. Seragam tersebut menonjolkan kekayaan budaya dan keindahan alam nusantara.
Peluncuran jersey yang diproduksi oleh Mills dengan desain hasil kolaborasi desainer Sarinah dan kurasi langsung Didit Hediprasetyo Foundation ini dilakukan Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, Senin (1/12/2025),
Didit menjelaskan, jersey terinspirasi dari detail ukiran kriya Toraja sebagai simbol warisan bangsa yang abadi dan membentuk karakter Indonesia hari ini.
“Jersey ini terinspirasi oleh keaslian tradisi kita yang berpadu dengan keindahan ragam alam Indonesia,” ujar Didit Hediprasetyo, dalam keterangan tertulisnya.
Selain merah dan putih sebagai warna utama, koleksi ini memperkenalkan palet hijau bumi yang merepresentasikan kesuburan tropis dari sabang sampai merauke.
Kesan artistik kian kuat berkat sentuhan karya seniman Yogyakarta Labadiou Piko, berupa goresan kuas dinamis merah-putih yang menggambarkan energi juang tanpa henti.
Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan kolaborasi ini sebagai bentuk komitmen seluruh elemen bangsa dalam mendukung prestasi olahraga Indonesia, khususnya di SEA Games 2025 di Thailand.
“Kami Komite Olimpiade Indonesia berterima kasih atas kolaborasi dari semua insan, masyarakat di Indonesia. Salah satu elemen penting yaitu seniman dan budaya. Ini menjadi bentuk dukungan konkret yang diberikan kepada para pelaku olahraga, yaitu sebuah kreativitas yang dilakukan luar biasa untuk pertama kali,” ujar Okto.
Sebagai bentuk solidaritas, Okto menambahkan, KOI dan Tim Indonesia bersama Sarinah, Mills, serta Didit Hediprasetyo Foundation akan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan jersey untuk para korban terdampak bencana alam banjir yang terjadi di Pulau Sumatera.
“Kami semua sudah berkomitmen karena kita melaksanakan kegiatan ini di tengah-tengah kedukaan yang terjadi di Indonesia maupun di Thailand. Maka hasil dari penjualan, beberapa persennya akan dikontribusikan untuk bantuan sosial,” imbuhnya.
CEO Mills Tjia Kong Hau menjelaskan bahwa koleksi ini dirancang dengan teknologi material terbaru, menggunakan tiga kategori bahan berbeda sesuai kebutuhan cabang olahraga, baik yang mengutamakan kelincahan, keringanan, maupun ketahanan.
“Memang di desain kali ini buah dari kolaborasi yang luar biasa. Ada dari segi tradisionalnya, ada juga Indonesianya. Dalam produksinya, kami juga menggunakan teknologi olahraga modern di sisi material yang disesuaikan dengan cabang olahraga. Kami bagi menjadi tiga bahannya, satu untuk di outdoor, indoor dan khusus untuk atletik kami utamakan keringanan bahannya,” ujar Ahau.
Peluncuran ini juga menjadi momentum perkenalan tema besar “Spirit of The Nation”, yang merefleksikan optimisme dan tekad atlet Indonesia menjaga kehormatan Merah Putih di panggung dunia.
